Jadi Pahlawan Argentina ke Piala Dunia 2018, Pelatih Brasil Sebut Beruntung Punya Messi

Jadi Pahlawan Argentina ke Piala Dunia 2018, Pelatih Brasil Sebut Beruntung Punya Messi

Lionel Messi membuktikan bahwa kutukannya bersama tim nasional Argentina tidak berlaku abadi. Meski tak putus dirundung malang, tak juga mampu meraih gelar prestisius hingga kini, Messi terus menunjukkan tajinya untuk mengakhiri catatan buruk tersebut. Salah satu pembuktian ditunjukkan di kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL beberapa waktu lalu.

La Albiceleste sempat berada dalam situasi kritis. Sebelum pertandingan terakhir nasib Tim Tango bagai telur di ujung tanduk. Namun Messi tampil sebagai pahlawan. Sumbangan tiga gol ke gawang Ekuador di laga pamungkas pun membalikkan ketegangan dan kecemasan menjadi sukacita. Argentina yang sebelumnya terlempar dari lima besar zona Amerika Selatan langsung merangsek ke urutan ketiga dan memastikan satu tiket lolos otomatis ke Rusia tahun depan.

Performa Messi yang mengejutkan dan tetap tak kehilangan taji tersebut menuai pujian dari banyak pihak. Tidak hanya datang dari kalangan internal, juga bersumber dari pihal lain. Usai kemenangan 3-1 atas Ekuador, pelatih Brasil, Tite pun angkat suara terkait Messi.

Tite tak segan menyebut Messi sebagai penyelamat. Bahkan ia menilai betapa beruntungnya Argentina memiliki pemain yang selalu menjadi andalan di klubnya, Barcelona.

“Argentina pantas untuk lolos kualifikasi. Mereka sangat diuntungkan dengan talenta yang dimiliki oleh Lionel Messi,” beber Tite.

Lebih lanjut pelatih berusia 56 tahun itu mengatakan bahwa tidak ada lagi keraguan terkait kemampuan dan pesona pemain berjuluk La Pulga atau Si Kutu itu. Tite mengaku Messi telah membuktikan kualitas di laga krusial yang menentukan bagi negaranya.

“Tak ada satu pun berita yang meragukan tentang bakatnya. Dan dia membuktikannya di laga yang menentukan nasib timnya,” lanjutnya.

Jadi Pahlawan Argentina ke Piala Dunia 2018, Pelatih Brasil Sebut Beruntung Punya Messi
Jadi Pahlawan Argentina ke Piala Dunia 2018, Pelatih Brasil Sebut Beruntung Punya Messi

Sebagaimana diketahui mewakili Amerika Selatan kali ini tidak hanya Argentina, juga Brasil, Uruguay, dan Kolombia. Tite sukses membantu Brasil finis sebagai pemuncak grup. Selain keempat Negara tersebut, masih ada satu tiket yang bias direbut wakil CONMEBOL. Peru yang finis di urutan kelima akan berebut satu tiket dengan wakil Oseania.

Sementara itu salah satu unggulan dari kawasan ini harus rela menjadi penonton. Tim tersebut adalah Chile. La Roja, sekalipun diperkuat deretan pemain bintang seperti Alexis Sanchez (Arsenal) dan Arturo Vidal (Bayern Muenchen) tak bias berbuat banyak. Sempat berada dalam lingkaran aman, juara Copa America dan Copa America Centenario itu harus terlempar keluar setelah dipermalukan Brasil tiga gol tanpa balas di laga pamungkas. Kekalahan tersebut membuat Chile harus puas berada di posisi keenam, kalah selisih gol dari Peru.