Ini Pemegang Hak Lisensi Media Piala Dunia 2018 di Indonesia

Ini Pemegang Hak Lisensi Media Piala Dunia 2018 di Indonesia

Dalam hitungan bulan pesta sepak bola terakbar sejagad akan dihelat di Rusia sejak 14 Juni hingga 15 Juli 2018. Piala Dunia 2018 akan kembali menyita perhatian dunia. Tim-tim terbaik dari seluruh dunia yang telah melewati babak kualifikasi akan berlaga memperebutkan trofi empat tahunan tersebut.

Bila tidak sempat menyaksikan secara langsung di Rusia, publik Indonesia pun seperti biasa bisa mengikuti perkembangan melalui beragam media baik cetak maupun elektronik. Sudah ada pemegang hak lisensi media di Indonesia yakni PT Futbal Momentum Asia (FMA).

Sang pemegang hak siar, seperti dilansir dari Detik.com (19/10/2017), memiliki hak eksklusif untuk menyiarkan event akbar itu di seluruh wilayah nusantara. Para pencinta sepak bola di Indonesia bisa mengikuti aksi-aksi para pemain terbaik dunia sejak kick off hingga partafi final. FMA memiliki ha katas penyiaran Free-To-Air TV, Pay-To-View, Satellite & TV cable, Radio, Ponsel, Broadband, dan IPTV.

Tidak hanya seluruh pertandingan Piala Dunia, FMA juga menjadi pemegang lisensi untuk seluruh pertandingan Piala Dunia Wanita U-17 dan Piala Dunia Wanita U-20 yang semuanya digelar tahun 2018.

Menurut perwakilan dari FMA, momen tersebut akan menyita perhatian luas dari publik tanah air. Pihaknya pun tidak sabar untuk menghadirkan Piala Dunia menjadi lebih dekat ke hadapan para penggemarnya di Indonesia.

Sayangnya pembukaan Piala Dunia pada 14 Juni 2018 jatuh bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Meski begitu kemeriahan pembukaan momen empat tahunan itu tidak akan berkurang.

“Selain itu, tidak ada waktu yang lebih baik bagi penggemar sepakbola di Indonesia karena pembukaan Piala Dunia jatuh pada tanggal 14 Juni 2018, yang kemungkinan jatuh di hari yang sama dengan perayaan kepercayaan terbesar di Indonesia yaitu Idul Fitri,” tandas vice president FMA, Shanna Murady.

Indonesia menjadi pasar potensial bagi industri sepak bola. Piala Dunia 2014 lalu Indonesia mencatatkan rekor dengan rating tertinggi menyiarkan Piala Dunia dengan rata-rata 120-150 juta penonton. Bahkan jumlah tersebut meningkat pesat menjadi 195 juta penonton saat pertandingan final antara Jerman kontra Argentina.

Tentu angka tersebut akan terus meningkat seiring popularitas sepak bola dan ekpansi jaringan media yang kian meluas di Indonesia. Meski begitu hingga kini belum disebutkan bagaimana para penggemar dapat menikmati Piala Dunia 2018. Bagi para pengguna televise, masih menanti stasiun televisi mana yang akan menyiarkan laga-laga akbar tersebut.